4 Makanan untuk Mencegah Penyakit Vaginitis

Vaginitis adalah suatu kondisi peradangan pada Miss V yang menyebabkan pembengkakan, gatal, nyeri dan infeksi pada Miss V. Ada sesuatu yang menyebabkan seorang wanita mengalami kondisi vaginitis seperti jamur, bakteri, parasit atau virus. Tetapi penyebab umum vaginitis adalah bacterial vaginosis dan infeksi jamur.

Kondisi ini biasa terjadi, terutama pada wanita yang masih aktif dalam aktivitas seksual. Kondisi ini menyebabkan Miss V mengeluarkan cairan yang tidak berbau dan lebih dari biasanya. Wanita yang mengalami vaginitis seringkali merasa tidak nyaman.

Rasa sakit pada Miss V saat berhubungan seks juga dirasakan pada penderita vaginitis. Tidak hanya berhubungan seks, wanita yang mengalami vaginitis mengalami rasa sakit saat buang air kecil. Gejala lainnya adalah munculnya bercak darah atau sedikit perdarahan pada Miss V.

Faktor risiko untuk vaginitis

Ada beberapa kebiasaan buruk yang meningkatkan vaginitis wanita. Kebiasaan memakai celana dalam atau celana yang terlalu ketat adalah penyebab tumbuhnya bakteri atau jamur pada Miss V. Pakaian yang terlalu ketat menyebabkan kondisi Miss V menjadi basah, sehingga mempercepat perkembangan bakteri atau jamur.

Selain itu, Anda harus menjaga kebersihan vagina Anda, seperti yang diamati selama buang air kecil atau buang air besar. Lakukan cara membersihkan Miss V dengan benar untuk menghindari penyakit yang mengganggu kesehatan Miss V. Sebaiknya gunakan toilet atau kamar mandi bersih sehingga tidak rentan terhadap bakteri atau jamur.

Infeksi yang disebabkan oleh hubungan seks tanpa kondom dapat menjadi penyebab yang meningkatkan risiko vaginitis. Untuk itu, gunakan kondom saat Anda berhubungan seks untuk menghindari infeksi menular seksual. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan area Miss V saat Anda berhubungan seks. Namun, jangan menggunakan cairan pembersih Miss V terlalu sering, karena dapat mengganggu pH dan keseimbangan bakteri normal. Cukup bersihkan dengan air.

Perubahan hormon yang dialami wanita akibat kehamilan atau menopause dapat meningkatkan vaginitis. Tidak hanya itu, penggunaan kontrasepsi seperti IUD (spiral) atau pil kontrasepsi juga menyebabkan vaginitis.

Makanan untuk mencegah vaginitis

Selain menghindari kebiasaan buruk, sebenarnya, Anda bisa menyiapkan makanan sehat untuk menjaga kesehatan Miss V dan mencegah timbulnya vaginitis. Berikut adalah makanan untuk mencegah perkembangan bakteri atau jamur yang menyebabkan vaginitis:

1. Tahu, Tempe, atau Edamame

Kedelai dianggap efektif untuk mencegah vaginitis. Termasuk makanan turunan seperti tahu, tempe dan edamame. Makanan-makanan ini menjaga tingkat PH sehat di Miss V. Ketiga makanan ini memiliki kandungan hidrofobik untuk meningkatkan kadar air Miss V.

2. Yogurt

Yogurt adalah probiotik alami yang menjaga keseimbangan pH dalam Miss V. Yogurt mengandung bakteri baik untuk melawan pertumbuhan bakteri dan jamur di Miss V.

3. Bawang putih

Tidak ada yang salah dengan menambahkan sedikit bawang putih ke makanan Anda. Bawang putih bertindak sebagai antimikroba untuk membunuh bakteri dan jamur di Miss V.

4. Alpukat

Lemak sehat dalam alpukat dapat menjadi pelumas alami untuk Miss V. Kandungan vitamin B6 dan potasium juga dapat menjaga kesehatan Miss V.