7 Makanan untuk Menyeimbangkan Hormon pada Wanita

Ciri-ciri kondisi hormonal yang tidak seimbang umumnya ditunjukkan oleh beberapa hal, termasuk mudah merasa lelah, menstruasi tidak teratur, jerawat dan masalah kesehatan pencernaan. Tidak dapat dipungkiri bahwa hormon sangat memengaruhi banyak hal dalam tubuh, mulai dari sistem metabolisme, reproduksi hingga kesehatan fisik dan mental.

Dengan memperhatikan kondisi tubuh, ternyata Anda dapat menyeimbangkan hormon dengan olahraga teratur, cukup tidur, mengurangi konsumsi kopi, mengonsumsi suplemen vitamin dan makanan yang dapat membantu menyeimbangkan produksi hormon dalam tubuh.

Kondisi tubuh setiap orang dan produksi hormon berbeda, jadi Anda harus memperhatikan bagaimana tubuh Anda bereaksi setelah makan makanan tertentu. Untuk membantu menyeimbangkan hormon. Berikut sederet makanan yang bisa Anda konsumsi:

1. Alpukat

Kandungan beta-sitosterol yang tinggi dalam alpukat dapat memengaruhi kadar kolesterol darah dan menyeimbangkan hormon kortisol, yang biasanya disebut hormon pengatur stres. Selain itu, makan alpukat juga dapat memengaruhi produksi hormon estrogen dan progesteron, dua jenis hormon yang berkaitan dengan siklus menstruasi.

2. Kale

Salah satu sayuran hijau ini adalah salah satu tanaman yang dapat membantu menyeimbangkan hormon karena kaya akan beberapa vitamin seperti vitamin A, K, B6 dan C dan mineral seperti zinc dan kalsium. Kombinasi serat dan antioksidan tinggi dalam kale dapat membantu menyeimbangkan hormon dan mengurangi perubahan suasana hati dan kram menstruasi.

3. Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang paling populer karena memberikan banyak manfaat kesehatan. Selain mampu mencegah berbagai penyakit seperti stroke, serangan jantung, melawan sel kanker, ternyata brokoli juga dapat membantu menyeimbangkan hormon. Dikutip dari situs Livestrong, brokoli, yang kaya akan kandungan kalsium, dapat membantu menjaga keseimbangan hormon estrogen.

4. Buah Delima

Delima adalah jenis buah yang dapat membantu mengurangi produksi estrogen berlebih di dalam tubuh. Menurut sebuah studi oleh American Association for Cancer Research, kandungan antioksidan yang tinggi dapat berperan dalam mencegah munculnya sel-sel kanker yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon.

5. Salmon

Tidak hanya lezat ketika dimakan, salmon juga dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Kandungan lemak sehat dalam bentuk omega-3 di dalamnya dapat membantu menyeimbangkan hormon dengan meningkatkan suasana hati sehingga Anda dapat mengurangi produksi hormon kortisol yang dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung.

6. Cherry

Tanda yang dialami ketika tubuh mengalami ketidakseimbangan hormon adalah insomnia. Ketika Anda kesulitan tidur di malam hari, ceri mungkin merupakan camilan yang tepat agar Anda tidur lebih cepat. Selain kadar gula rendah, ceri mengandung magnesium dan vitamin C yang berperan dalam keseimbangan hormon. Banyak penelitian menunjukkan bahwa makan ceri dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproduksi hormon melantonin, yang dapat meningkatkan kualitas tidur.

7. Kunyit

Bumbu masakan ini tidak hanya bisa membuat hidangan lebih lezat, tetapi juga bisa digunakan untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Menambahkan kunyit dalam masakan Anda akan bermanfaat bagi kesehatan hati, organ yang mengatur proses detoksifikasi dalam tubuh. Kandungan kurkumin dalam kunyit juga dapat menyeimbangkan hormon endrogen yang dapat mengurangi rasa sakit yang dirasakan selama menstruasi.