7 Olahraga untuk Kesehatan Reproduksi Wanita

Olahraga untuk Kesehatan Reproduksi Wanita

Sedikit aktivitas fisik yang Anda lakukan dapat menyebabkan naiknya berat badan, yang dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi wanita, karena bila hal tersebut terjadi dapat menggangu keseimbangan hormon wanita.

Kelebihan berat badan juga dapat mengakibatkan tubuh anda menjadi resisten terhadap insulin, dan saat tubuh anda memproduksi terlalu banyak insulin dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon pada tubuh anda.

Dengan berolahraga secara rutin, tidak hanya akan menjaga penampilan tubuh ideal anda tetapi juga dapat meningkatkan fungsi reproduksi anda seperti menambah kesuburan, melancarkan haid, dan meningkatkan gairah.

Apa saja manfaat olahraga selain bagi Kesehatan Reproduksi Wanita?

  • Menambah Energi
  • Melawan Penyakit Osteoporosis
  • Membantu Menajaga Berat Badan Ideal
  • Mengimbangi Perubahan Fisik Saat Kehamilan
  • Olahraga untuk Kecantikan Wanita
  • Mengurangi Gejala PMS

Jenis olahraga yang harus anda lakukan untuk kesehatan reproduksi dan meningkatkan kesuburan sebenarnya bukanlah olahraga yang berat yang membutuhkan peralatan rumit dan mahal. Karena saat dalam program hamil anda dan pasangan justru dilarang melakukan aktivitas fisik berat dan ekstrim.

Berikut ini kami akan membahas mengenai 7 Olahraga untuk Kesehatan Reproduksi Wanita

1. Angkat beban

Lakukan latihan angkat berat sederhana yang fokus pada perut dan kaki bagian atas, karena ini akan membuat area tersebut lebih kuat, memberi otot kekuatan yang diperlukan untuk menopang tubuh hamil anda.

2. Pilates

Pilates memberikan dua manfaat. Pertama, membantu meningkatkan kelenturan otot anda, yang membantu mempertahankan kekuatan tubuh bahkan setelah tubuh anda bertambah besar karena melahirkan. Kedua, memberikan efek rileksasi pada pikiran dan tubuh, sehingga membuat anda membangun postur yang baik.

3. Yoga

Yoga merupakan olahraga yang cukup populer dan terbukti dapat memberikan efek positif untuk pikiran dan tubuh. Gerakan-gerakan yoga dianggap bermanfaat untuk membantu ibu yang akan dan sedang hamil, bahkan setelah melahirkan.

4. Berenang

Berenang beberapa putaran di kolam renang membantu kebugaran anda tanpa harus berusuah payah karena berenang merupakan aktifitas yang menyenangkan, kecuali anda belum bisa berenang. Aktifitas ini akan membantu melenturan dan menguatan otot, sehingga sangat membantu dalam menjaga kebugaran bahkan saat hamil.

5. Kardio

Melakukan olahraga kardio dapat melancarkan sirkulasi darah pada tubuh Anda, hal ini baik bagi kesehatan organ reproduksi Anda.

Lantas olahraga kardio yang seperti apa yang dapat meningkatkan kesuburan? Anda cukup melakukan olahraga ringan seperti:

  • Jogging Ringan
  • Jalan Santai
  • Bersepeda Santai
  • Naik-Turun Tangga
  • Aerobik Ringan

Anda cukup melakukan aktivitas fisik diatas selama 15 – 30 menit setiap hari. Namun, perhatikan bahwa jangan memaksakan tubuh Anda untuk olahraga berat.

6. Stretching

Stretching atau peregangan sangat penting sebelum Anda memulai olahraga apapun untuk menghindari cedera saat olahraga. Peregangan membantu otot melapaskan zat-zat kimia yang dapat menyebabkan nyeri otot.

Peregangan juga membantu selama kehamilan dan memudahkan ketika melahirkan. Jadi pastikan lakukan peregangan selama program hamil, kehamilan dan mendekati kelahiran.

7. Berjalan

Berjalan atau jalan-jalan juga merupakan aktifitas fisik yang bisa anda praktekkan setiap hari atau beberapa hari sekali. Kegiatan ini merupakan yang paling aman dan mudah. Pilih waktu yang tepat untuk itu, dan Anda akan mendapat manfaat secara mental maupun fisik.