9 Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita

9 Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita

Melakukan beberapa perubahan pada gaya hidup anda dapat meningkatkan kesuburan untuk hamil serta memiliki kandungan yang sehat.

Kondisi medis seperti diabetes, asma, obesitas, dan masalah lain dapat memengaruhi kehamilan anda.

Lebih dari 80% pasangan akan hamil dalam 1 tahun jika mereka tidak menggunakan kontrasepsi dan melakukan hubungan seks secara teratur (setiap 2 atau 3 hari). Bagi mereka yang tidak hamil di tahun pertama, biasanya setengahnya akan mendapatkannya di tahun kedua.

Jika anda seorang istri yang mengalami masalah kesuburan, berikut adalah 8

1. Makan Makanan Sehat

Memiliki gizi yang cukup dapat meningkatkan kesuburan wanita. Protein, zat besi, seng, vitamin C, dan vitamin D sangat baik untuk kesuburan. Selain itu kekurangan nutrisi ini dapat menggangu siklus menstruasi, sehingga sulit terjadi ovulasi, serta risiko keguguran dini dapat meningkat. Pastikan untuk mengonsumsi makanan kaya protein, seperti daging, ikan, produk susu rendah lemak, telur, dan kacang-kacangan.

2. Perhatikan yang Anda Minum

Mengkonsumsi alkohol dapat menurunkan peluang untuk hamil (juga dapat membahayakan janin yang sedang berkembang). Anda juga harus mengurangi kafein jika anda mencoba untuk hamil dan selama kehamilan. Penelitian menunjukkan bahwa kafein mempengaruhi kadar hormon wanita dan dapat mempengaruhi berapa lama untuk hamil.

3. Jaga Berat Badan Anda

Kelebihan lemak tubuh dapat menyebabkan tubuh memproduksi hormon-hormon tertentu yang mengganggu ovulasi. Siklus anda akan menjadi kurang teratur dan lebih jarang, sehingga menurunkan peluang hamil. Olahraga dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat.

4. Hindari Pestisida

Banyak pestisida dan herbisida – bahan kimia yang digunakan untuk membunuh serangga dan gulma yang mengancam tanaman – menurunkan kesuburan pria dan dapat memengaruhi kesuburan wanita dengan menghambat fungsi ovarium dan mengganggu siklus menstruasi. Jadi jika anda ingin hamil, selalu konsumsi buah dan sayuran organik, cucilah dengan residu dengan hati-hati, dan hindari mengoleskan pestisida ke halaman atau kebun anda.

5. Hindari Rokok

Racun rokok tidak hanya merusak organ reproduksi wanita, tapi juga mengganggu proses pembuahan dan implantasi. Sehingga obarium dari seorang wanita perokok berusia 35 tahun seperti berusia 42 tahun dan karenanya kurang subur. Merokok memang merusak kesuburan secara permanen, tetapi jika berhenti sepenuhnya, fungsi ovarium bisa kembali.

6. Ketahui Siklus Anda

Siklus menstruasi normal berlangsung sekitar 21 hingga 35 hari. Saat anda siap untuk hamil, lakukanlah hubungan intim secara teratur pada periode ini. Bagaimana cara menentukan kapan anda berovulasi? Alat tes ovulasi berbasis urin atau saliva tersedia di pasaran; kedua alat ini memeriksa keberadaan hormon yang mengindikasikan ovulasi sudah dekat. Anda juga dapat mencatat perubahan harian pada suhu tubuh basal anda.

7. Hindari Olahraga Berlebihan

Olahraga bermanfaat dalam mengurangi lemak, namun olahraga berat atau berlebihan dapat menyebabkan masalah pada siklus menstruasi anda, sebuah penelitian di menunjukan bahwa olahraga fisik yang berat adalah penyebab kemunduran siklus menstruasi.

8. Hindari Stres

Lakukan yang terbaik untuk mengelola dan mengurangi stres dan kecemasan. Cobalah teknik relaksasi seperti meditasi, akupunktur, atau yoga.

9. Perbanyak Berhubungan Intim

Melakukan hubungan intim akan meningkatkan peluang hamil lebih cepat. Beberapa ahli mengatakan bahwa ketika anda mencoba untuk hamil, anda harus melakukan hubungan intim sekali sehari, setiap hari, terutama pada saat masa paling subur sebelum dan setelah ovulasi.