Cara Pencegahan Kista Rahim/Ovarium

Kista ovarium atau rahim adalah pertumbuhan penuh cairan di ovarium wanita. Biasanya kista ovarium tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya, tetapi kadang kista ovarium bisa menjadi sangat besar hingga pecah, atau menyebabkan kerusakan pada ovarium.  Kerusakan dari kista ovarium yang pecah dapat menyebabkan penumpukan jaringan parut. Kista ovarium paling sering terjadi pada wanita usia subur, tetapi jarang terjadi pada wanita pascamenopause. Dalam artikel ini kita akan membahas pencegahan tepat yang dapat dilakukan wanita untuk menghindari kista ovarium.

Cara Pencegahan Kista Rahim/Ovarium

1. Kurangi makanan yang berkadar lemak tinggi
Konsumsi lemak dalam kuantitas yang besar akan mampu menyebabkan gangguan hormon dan meningkatkan hormon cotisol. Hormon cotisol adalah hormon penyebab stress. Untuk itu sebisa mungkin jauhi asupan lemak berlebih.

2. Konsumsi lebih banyak sayur dan buah
Sayur dan buah sangat penting bagi tubuh karena sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan mineral. Dapat memulihkan stamina serta dapat menetralisir bahan kimia dalam tubuh.

3. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan
Makanan dengan kandungan antioksidan akan melawan radikal bebas. Penyakit kista juga di sebabkan oleh radikal bebas dihasilkan karena polusi, debu dan bahan kimia lainnya.

4. Menjaga pola hidup sehat
Menjaga pola hidup sehat yang perlu anda lakukan mulai saat ini. hindari asupan makanan yang dapat merusak tubuh dan mulai dari sekarang rajinlah berolahraga karena dengan rajin berolahraga badan kita akan terbebas dari yang namanya penyakit.

5. Riwayat kista
Anda perlu mengetahui garis keturunan atau faktor genetik keluarga anda, apakah salah satu dari anggota keluarga anda ada yang pernah mengalami kista atau tidak, jika ya, berarti peluang anda menderita kista cukup besar. Namun jika anda melakukan tips-tips dalam artikel ini dan mengkonsumis Ladyfem anda berpeluang terbebas dari kista ovarium

6. Konsumsi obat kista herbal
Banyak wanita yang telah membuktikan bahwa mengkonsumsi obat-obat herbal mampu mengobati dan mencegah kondisi kista agar tidak bertambah para. Banyak obat herbal kista ovarium di luar sana, namun yang terbukti aman, legal, dan direkomendasikan pakar kesehatan adalah Ladyfem

7. Setelah menikah, usahakan hamil segera
Bagi anda yang sudah menikah, Berusaha secepatnya memiliki anak setelah menikah dapat mengurangi resiko terjadi kista ovarium yang disebabkan oleh frekuensi aktivitas hormon dan menstruasi. Apabila anda menunda kehamilan dan saat anda hamil di takutkan saat hamil kista membahayakan rahim anda

8. Gunakan pil KB
Mengkonsumsi pil KB dapat meminimalisir resiko terkena kista karena pil KB mampu mencegah produksi sel telur.

9. Mencegah kebersihan area kewanitaan
Beberapa kasus penyakit yang berhubungan dengan area kewanitaan. Disebabkan karena infeksi mikroorganisme yang berkembang. Untuk itu, pencegahan kista ovarium dapat dilakukan dengan senantiasa menjaga kebersihan dan kelembaban organ kewanitaan.

10. Tes darah
Tes darah tidak hanya dilakukan untuk mendeteksi penyakit yang berhubungan langsung dengan rahim seperti endometriosis, fibroid rahim, hingga kanker rahim. Juga dapat di lakukan untuk mendeteksi kista, tes darah juga dapat memberikan hasil kesehatan ovarium secara terperinci dan akurat.

11. Hindari makanan / minuman yang siap saji
Makanan dan minuman yang siap saji tidak baik untuk kesehatan tubuh karena di dalam makanan yang siap saji terlalu banyak mengandung bahan pengawet dan itu tidak baik bagi tubuh kita.

12. Istirahat secara teratur
Faktor berikut juga sangat mempengaruhi agar tubuh kita terbebas dari yang namanya penyakit karena dengan istirahat yang cukup dan tidur yang teratur tubuh kita akan kembali normal dan tidak mudah lelah.