Penyebab Menstruasi Tidak Tuntas dan Cara Mengatasinya

Menstruasi adalah peristiwa yang alami bagi semua wanita. Beberapa wanita beruntung mengalami menstruasi yang tidak terputus alias lancar, tetapi ada juga yang harus mengalami efek yang tidak menyenangkan, seperti periode yang cukup lama dan kram.

Ada beberapa hal yang membuat menstruasi tidak lancar atau terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama sehingga menyebabkan ketidaknyamanan jangka panjang.

Sebelum mengetahui, cara mengatasi menstruasi yang tidak lancar, ketahui beberapa penyebabnya berikut:

1. Stres

Ada bagian di otak yang bernama hipotalamus, yang sangat dipengaruhi oleh stres. Hipotalamus adalah hormon yang mengatur periode menstruasi. Karena itu, ketika Anda mengalami stres, tentu saja, hal ini akan berdampak pada kelancaran menstruasi Anda.

2. Penyakit

Menstruasi yang tidak lancar dan tidak teratur dapat disebabkan oleh penyakit seperti jamur. Bisa jadi karena jarang menstruasi justru mengakibatkan tumor.

3. Penurunan berat badan yang drastis

Apakah Anda mengikuti program diet atau penurunan berat badan secara dramatis? Hal ini dapat berdampak pada siklus menstruasi Anda. Hati-hati, Anda bisa mendapatkan anoreksia atau bulimia.

Itulah hal-hal umum yang menyebabkan menstruasi tidak lancar, dan di bawah ini adalah beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk membantu melancarkan (dan mempersingkat) periode menstruasi Anda.

1. Olahraga

Olahraga adalah kunci untuk semua masalah kesehatan, terutama yang berkaitan dengan kondisi fisik Anda. Ada mitos yang mengatakan bahwa Anda harus berhenti berolahraga ketika sedang datang bulan atau menstruasi. Justru sebaliknya, disarankan untuk tetap aktif saat sedang menstruasi. Selain bisa memperlancar menstruasi, olahraga juga bisa mengurangi kram yang Anda derita selama periode ini.

2. Akupunktur

Akupunktur adalah solusi lain untuk membuat menstruasi Anda berakhir lebih cepat. Tapi jangan hanya mencari ahli akupunktur. Pastikan bahwa orang yang Anda percayai untuk menempatkan jarum di tubuh Anda kompeten dan menggunakan jarum yang bersih.

3. Minum teh herbal

Teh herbal memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu zat dalam teh herbal adalah emenagogic, yang secara khusus dapat digunakan untuk menginduksi menstruasi. Cara kerjanya yaitu dengan merangsang sistem reproduksi Anda dan meningkatkan aliran darah. Jika Anda tertarik untuk mencoba metode ini, pilih teh yang mengandung daun chamomile, matricaria, rosemary dan raspberry. Jangan lupa minum banyak air untuk mencegah dehidrasi.

4. Makan makanan tertentu

Jika Anda selalu mengalami datang bulan yang tidak menyenangkan, cobalah untuk mengontrol diet atau konsumsi makanan Anda. Cobalah makan makanan seperti labu, pepaya, persik, aprikot, wortel, bayam, dan makanan kaya karoten lainnya karena mereka memainkan peran penting dalam memperpendek durasi menstruasi Anda. Dianjurkan juga untuk mengurangi atau setidaknya membatasi asupan makanan asin karena natrium yang berlebihan akan menyebabkan retensi cairan yang menyebabkan kembung.

5. Konsumsi vitamin C

Mengkonsumsi vitamin C dosis besar akan mengurangi jumlah progesteron di dalam rahim, yang akan membantu periode menstruasi Anda berjalan dengan lancar dan berakhir lebih cepat. Pastikan untuk minum banyak air saat mengonsumsi vitamin C. Konsultasikan juga dengan dokter, apakah Anda dapat mengonsumsi vitamin C dalam jumlah besar atau tidak.